blogkoding cineblog scscrc123 indoblog 8 KETERAMPILAN MENGAJAR - Arlong's Diary
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 KETERAMPILAN MENGAJAR


Keterampilan mengajar adalah skill atau kemampuan seorang pengajar dalam proses belajar mengajar (PBM), keterampilan tersebut saya bagi dua, pertama adalah keterampilan pokok, yang mana keterampilan adalah keterampilan kunci atau yang utama dalam mengajar, tanpa keterampilan ini proses belajar mengajar tidak akan terlaksana, kalaupun terlaksana pasti akan berjalan kurang maksimal, sehingga menimbulkan ketidak pahaman tentang materi yang diajarkan, keterampilan yang dimaksud adalah penguasaan materi dan pengelolaan kelas. Sedangkan keterampilam yang satunya adalah keterampilan sekunder atau keterampilan tambahan, yakni membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, variasi dsb. Berikut adalah pemaparan dari 8 keterampilan belajar :
1.       Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka adalah kesan awal kita dalam proses belajar mengajar, sebagian orang ada yang berpendapat bahwa kesan pertama adalah yang menentukan keberhasilan, begitu juga dalam belajar mengajar, kita harus bisa membuka pelajaran dengan bagus agar peserta didik melihat kesan pertama yang bagus, sehingga mereka bersemangat mengikuti materi yang kita ajarkan. Nah, begitu juga dalam menutup pelajaran kita harus memberikan kesan akhir yang juga bagus.

2.       Keterampilan Bertanya
Maksud dari keterampilan bertanya disini adalah bagaimana guru tersebut bisa membuat pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman murid terhadap materi yang kita ajarkan serta bagaimana kita bisa membuat rasa ingin tahu murid menjadi tinggi, misalnya dengan mengemukakan ide yang bertentangan dengan pengetahuan murid, sehingga mendorong murid ingin bertanya. Dari keterampilan bertanya itu juga kita dapat mengetahui seberapa paham peserta didik memahami materi yang kita ajarkan dan materi mana yang tidak paham.

3.       Membuat Kelompok Kecil
Kita tidak mungkin dapat mengetahui bagaimana afektif, psikomotorik, dan kognitif dari keseluruhan murid, salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan cara membuat kelompok kecil, hal ini kita dapat mengetahui bagaimana keaktifan murid dalam menyikapi materi yang kita berikan masing-masing pada setiap kelompok. Cara ini juga melatih peserta didik bagaimana mereka memanajemen kelompoknya.

4.       Memimpin Diskusi
Bagian ini merupakan kelanjutan dari poin nomor dua , yaitu keterampilan bertanya. Dengan menumbuhkan rasa ingin tahu mereka, maka mereka bertanya dan kita memberikan kesempatan kepada yang lain untuk menjawabnya,  dengan itu maka timbullah diskusi, kemudian setelah mereka menjawab baru kita yang menjelaskan dan memberikan tambahan jawaban.

5.       Memberikan Penguatan
Bagian merupakan kelanjutan dari keterampilan memimpin diskusi, setelah mereka menjawab pertanyaan yang teman mereka ajukan, maka sepatutnya kita memberikan penguatan atau pujian agar mereka termotivasi untuk selalu mengingat dan terus belajar.

6.       Keterampilan Membuat Variasi dalam PBM
Keterampilan ini obat mujarab untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar, karena variasi merupakan cara yang unik dan berbeda dari cara mengajar yang sebelumnya kita terapkan, misalnya dengan permainan, tentu sangat menyenangkan bisa bermain sambil memberikan materi, sehingga mudah di pahami dan dianggap bahwa belajar itu menyenangkan.

7.       Keterampilan Menjelaskan
Keterampilan ini saya rasa sama dengan penguasaan materi yang saya paparkan diawal, karena tanpa penguasaan materi mustahil kita bisa menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada peserta didik, hal ini merupakan skill pokok yang wajib serta paling mendasar dari mengajar.

8.       Mengolah Kelas
Keterampilan ini berdampingan dengan penguasaan materi, karena dua hal inilah yang merupakan modal untuk mengajar. Maksud dari keterampilan mengolah kelas itu sendiri adalah bagaimana kita memanajemen dan menguasai kelas itu sendiri, sehingga guru saja yang menjadi pusat perhatian mereka.

Post a Comment for "8 KETERAMPILAN MENGAJAR"