blogkoding cineblog scscrc123 indoblog Jomblogy - Arlong's Diary
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jomblogy

Jomblo bukan kutukan, tapi bisa disembuhkan - Arlong, Coverboy Sampul Raport

Sekian lama menjomblo coy ! banyak suka duka...
Jomblo merupakan status yang sama dengan galau, galau adalah mengawang-awang, sedangkan mengawang-awang adalah tidak jelas, artinya jomblo adalah posisi yang sangat tidak jelas serta secara kasat mata merupakan status yang hemaprodit atau juga kelamin ganda, ewooow Amajiiiiing !


Menurut bahasa Inggris, jomblo itu alone yang berarti sendiri, hal ini tentu terkait dengan kesendirian yang mana hal tersebut sebenarnya adalah paradoks. Kalau kita kaitkan dengan sebuah judul film, Home Alone misalnya, berarti rumahnya jomblo donk !.
 Haw ! bangang Arlong nih, menyambat rumah unda jomblo

Alone juga merupakan serapan dari Bahasa Inggris ke Jawa, dari Jawa ke Banjar, dalam bahasa Banjar "alun" artinya lambat, gemulai, lembut, lemah. Kata sifat tersebut biasanya ditujukan kepada seseorang yang baik gaya bicara maupun sikap cenderung gemulai, biasanya kalau kita hubungkan dengan pria akan menemukan sebuah korelasi yaitu "Bancirrrrrrrrr". 

Kalau di Jawa alun berarti pelan, hal itu terbukti pada ungkapan Jawa, "Alon alon asal kelakon" (pelan-pelan asal dilakukan) dan di bahasa BanjarTanjungkan menjadi "Alun alun asal belalakun" artinya pelan-pelan banyak lalakun alias banyak pandir atau juga sering disebut "Galay".

Demikianlah pengertian jomblo menurut bahasa, memang banyak para ahli yang mendefinisikan, tapi tak satupun yang menjelaskan secara rinci, jelas, dan detail. Riset, skripsi, tesis, serta desertasi pun tak mampu menjelaskan, karena memang tak ada yang mau meneliti. Menurut ilmu Sosiologi, jomblo bukan merupakan proses dan unsur interaksi sosial yang merupakan ciri dari makhluk sosial, akan tetapi merupakan objek sosialisasi yang perlu disosialkan dan tidak perlu di sosialiskan.Berdasarkan sifat sosial, jomblo terbagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu: 

1. Jomblo Tersier 
Merupakan jomblo tingkat rendah yang mana status jomblo hanya sebuah perangkat yang melengkapi status Facebook (Hubungan: Lajang) agar mudah menarik dan mendekati lawan jenis, walaupun sebenarnya dia tidak jomblo, hal ini lebih cendrung kepada seseorang pelaybuy.

2. Jomblo Sekunder
Pada jenis ini, status hanya sebuah formalitas yang tidak penting, biasanya jenis ini sering kita temukan pada manusia yang cenderung interaksi sosialnya tinggi, yang mana belum memikirkan atau tak terpikirkan sama sekali dengan kejombloannya, artinya tidak memperdulikan status karena terlampau asyik dengan interaksinya, akan tetapi disaat tertentu dia mengharapkan mengharapkan pasangan, hal ini menunjukkan kalau dia bukan homo.

3. Jomblo Primer
Jomblo ini memang sedikit agak parah, karena efeknya adalah galau berkepanjangan, galau menahun serta galau sepanjang masa. Orang pada jenis ini tentu susah sekali untuk move on, dan tentu status jomblonya awet serta berakibat fatal, kalau tidak jadi bancirrr bisa jadi dia homo.

Contoh 


Status tanggal 23 Januari 2013

 Status Juli 2010


Efek Jomblo Primer :D !!