blogkoding cineblog scscrc123 indoblog Efek Skripsi - Arlong's Diary
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Skripsi

Skripsi itu bukan skripshit bukan juga skripsong akan tetapi keduanya merupakan korelasi yang menjadikannya sebuah lagu, "a shit song" - Arlong, Singer of A Shit Song 

Memang jijik sih kalo membayangkan qoute diatas, masa tokai punya lagu? iseng banget ya si penciptanya, tokai dibikin lagu, yang ada mah tokai dibikin perkedel, eh ! atau mungkin dia menciptakan lagu atas dasar terinspirasi dari tokai, membayangkan wajah mantannya kaya tokai gitu? Tokai galau dong.

Ya sudah...  terlepas dari tokai, memang ada yang lebih penting kita bahas sekarang...
secara klasik memang ini adalah problem mahasiswa tingkat akhir, skripsi !


Banyak teori yang mendefinisikan apa itu skripsi, menurut Laptop Acer (2013: 12) skripsi itu adalah romusha, dimana saya (laptop) bekerja keras memenuhi kebutuhan anak istri, serta sering dipakai cewek-cewek abg, untuk hal ini saya sering disamakan dengan saudara kembar saya tengtop

Gambar 1. Modifikasi dari Teori Durkheim
Sumber: Koleksi Pribadi

Sedangkan menurut seorang sosiolog, Arlong J. Sasmita (2013: 11) menyatakan bahwa skripsi adalah fenomena sosial yang sering membuat para mahasiswa jempolnya ketagihan ngetik, setiap tingkah lakunya dia analogikan dengan pekerjaan ngetik sehingga membuat pola interaksi sosialnya selalu ketagihan ngetek (baca: berburu ketek) dan akhirnya memunculkan sebuah teori ketek terbaru, contoh: apabila ketekmu basah berarti ketekmu pengen di ketik, ketika ketekmu di ketek-ketek, ketik 6298, kirim sebanyak-banyaknya !

Gambar 2. Kucing Mabuk Ketek
Sumber: Ketek Indonesia

Begitulah sebenarnya fenomena skripsi yang selalu menjadi trend mahasiswa setiap tahunnya, memang ada beberapa ahli lagi yang menyampaikan teorinya terkait dengan skripsi, akan tetapi penjelasan kedua ahli tersebut adalah mewakili dari teori-teori terapan sebelumnya. Berdasarkan pengamatan ada beberapa efek sosial yang ditimbulkan oleh skripsi, yaitu:

1. Lupa Daratan
Maksud dari  lupa daratan itu sendiri adalah individu-individu abnormal yang sedang mendarat di daratan, untuk fenomena sosial ini ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa kejadian tersebut adalah pengaruh dari mobilisasi masa yang mendesak turunnya harga BBM, eh ! (Kompas, 2013: 11)

Dia sudah lupa, kalau dia sedang berada di daratan

Sebenarnya lupa daratan itu berasal dari kondisi psikologis seorang individu, mengapa fenomena tersebut menjadi pembahasan ranah sosiologis? karena sebenarnya psikologi dan sosiologi ternyata adalah suami istri. Betapa tidak? suatu cabang ilmu pengetahuan melakukan sebuah perkawinan silang sehingga (sebenarnya) melahirkan sebuah ilmu terapan baru yaitu Cobalogi


2. Galau
Galau merupakan sesuatu yang lumrah dalam kehidupan kita, yang mana efek ini selalu menghampiri setiap makhluk sosial, termasuk hape. Hape termasuk makhluk sosial kategori benda mati, karena fungsinya sendiri adalah mensosialisasikan kepada yang sosial, termasuk interaksi sosial, penyimpangan sosial serta Ilmu Pengetahuan Sosial.

Beberapa teori galau pernah dikemukakan oleh Maskanah J. Nottingham dalam jurnalnya yang berjudul Humanisme Sosiologi: Galau Sebuah Fenomena, dia menyatakan bahwa tingkat kegalauan bisa dikatakan akut apabila interaksi sebagai makhluk sosial itu terhenti, dalam artian interaksi secara riil dengan sesama makhluk sosial, efek dari kondisi sosial serta psikologis ini adalah seringnya melakukan tindakan diluar kewajaran, seperti mencium ketek sendiri (Durkheim, 2013: 90)

Mabuk Ketek

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu informan, foto tersebut diambil ketika sepasang pemuda sedang pesta ketek di kontrakannya, ketika ditanya mengapa melakukan perbuatan tersebut, mereka hanya menjawab karena galau. Untuk fenomena ini persis kata pepatah, "tak ada rotan, akar pun jadi", tak ada lem fox, ketek pun jadi.

3. Mendadak Ganteng
Ini adalah salah satu efek positif dari skripsi, mendadak menjadi seorang yang ganteng, contohnya saya, mendadak ganteng selama 1 jam. Ini merupakan sebuah solusi bagi anda yang merasa wajahnya kurang ganteng, bisa mencoba menggunakan cara ini, terbukti ampuh, ini adalah contoh lain selain saya:

Ini adalah contoh orang ganteng, yang menolak untuk saya foto, siapakah tokoh tersebut?